Apa itu SMS LBA ?

SMS LBA (Location Based Advertising adalah pengiriman pesan kepada para pelanggan Telkomsel (hanya untuk operator Telkomsel) yang berada di lokasi indoor atau outdoor tertentu. LBA SMS merupakan pesan teks dengan maksimal 160 karakter dan menggunakan Masking Sender Minimal 3 dan Maksimal 11 karakter termasuk Spasi.

 

Di IndonesiaTelkomsel adalahoperator layanan GSM dengan pelanggan terbanyak. Sampai dengan semester pertama 2011, Telkomsel mencatat jumlah sebanyak 102,3 juta pelanggan. Perolehan itu meningkat 15,8% dibanding 88,32 juta pelanggan pada periode yang sama tahun lalu.

 

Prestasi Telkomsel untuk jumlah pengguna masih jauh dibandingkan dua kompetitor besar lainnya, yaitu Indosat dan XL. Saat ini Indosat berada di peringkat kedua dengan jumlah pelanggan sampai dengan semester pertama 2011 sebanyak 47,3 juta. Sedangkan XL pada periode yang sama, memiliki pelanggan sebanyak 38,9 juta.

 

Sistem layanan broadcasting advertising menggunakan channel media mobile seperti SMS, MMS dengan memanfaatkan informasi lokasi target penerima SMS pada waktu tertentu. Layanan ini menerapkan konsep push sms dengan konteks area/lokasi yang telah ditentukan oleh pengguna layanan tersebut.

Layanan LBA bekerja dengan memanfaatkan cell id dari tiap-tiap lokasi untuk kemudian mengenali nomer ponsel yang ada di lokasi tersebut. Nomer-nomer telepon yang terpantau inilah yang menjadi target penerima SMS LBA.

Oleh karena itu informasi akan diterima jika calon konsumen berada di area/lokasi yang relevan, atau tidak jauh,  dengan produk dari pengguna layanan LBA. Sehingga target konsumen yang diinginkan lebih tepat sasaran dalam konteks geografis.

 

© SMS Gateway - Powerful SMS Solutions. All Rights Reserved. Designed and Hosted by DNY Hosting Its Web Hosting